Blog Ini Merupakan Sarana Informasi Desa Lergunong

Tuesday, July 9, 2019

Sosial Ekonomi Desa Lergunong

Ekonomi merupakan bagian yang sangat penting dalam pertumbuhan suatu daerah. Oleh karena itu, setiap sumber daya alam yang potensial perlu dikembangkan dan dikelola dengan benar sehingga dapat meningkatkan kesejahteraan daerah tersebut. Adapun sumber daya alam potensial yang dapat dikembangkan di desa Lergunung dan menjadi modal dasar pertumbuhan wilayah yaitu pertanian dan peternakan.

A. Pertanian
Sebagian masyarakat yang ada di desa Lergunong bekerja sebagai petani. Namun potensi di sektor pertanian belum bisa dimanfaatkan secara maksimal, hal tersebut disebabkan oleh beberapa masalah antara lain:
1.     Pemanfaatan lahan yang belum maksimal
2.     Kualitas SDM serta teknologi yang belum memadai
3.     Keterbatasan air pada saat musim kemarau
4.     Hama yang meyerang tanaman
5.  Pemasaran hasil pertanian masih terbatas karena hasil pertanian kebanyakan dikonsumsi sendiri

B. Perternakan
Selain menjadi petani tidak sedikit pula masyarakat yang memanfaatkan lahan yang ada untuk beternak, diantaranya yaitu beternak sapi, ayam dan bebek di sekitar pekarangan rumahnya.

C. Guru
Ada salah satu dusun yaitu di Dusun Palenggian yang tenaga pengajarnya berasal dari masyarakat di Desa Lergunong sendiri.

D. Merantau
Merantau masih menjadi pilihan paling diminati di desa ini. Masyarakat memilih merantau dikarenakan penghasilan dari merantau lebih besar dari pada harus bekerja di kampung halaman sendiri. Mereka memilih merantau di dalam negeri dan di luar negeri. Di Desa Lergunong lebih mementingkan bekerja dari pada harus belajar di sekolah karena dengan bekerja dapat menghasilkan uang.

KKN 51 UTM '19

0 komentar:

Post a Comment