Blog Ini Merupakan Sarana Informasi Desa Lergunong

Saturday, July 27, 2019

Sarana dan Prasarana Desa Lergunong

KEPENDUDUKAN DAN KETENAGAKERJAAN 

A. Kependudukan 
Berdasarkan hasil wawancara yang dilakukan dengan bapak Dura’i selaku Carek di Desa Lergunong, jumlah penduduk di Desa Lergunong yang tercatat secara administrasi berjumlah kurang lebih 4.000 jiwa. Menurut informasi yang diberikan pemerintahan desa mengalami kesulitan dalam menghitung jumlah penduduk dikarenakan banyaknya penduduk yang keluar masuk desa, seperti keperluan pindah tempat atau keperluan menikah.

B. Ketenagakerjaan
Masyarakat Desa Lergunong mayoritas bermata pencaharian sebagai petani. Tanaman yang sering ditanam oleh masyarakat setempat adalah padi dan jagung. Namun ketika musim kemarau tiba, para petani mengalami kesulitan dalam bercocok tanam dan mengalami gagal panen karena kurangnya pasokan air. Selain menjadi petani sebagian masyarakat Desa Lergunong juga ada yang berternak, tukang bangunan, usaha rumahan dan merantau.

PERUMAHAN DAN LINGKUNGAN HIDUP
Perumahan adalah kelompok rumah yang berfungsi sebagai lingkungan tempat tinggal atau hunian yang dilengkapi dengan prasarana guna menunjang kesejahteraan penghuni di dalamnya. Secara umum, perumahan dan lingkungan di Desa Lergunong cukup baik. Mayoritas rumah-rumah di Desa Lergunong dilengkapi dengan mushollah di sebelah rumahnya untuk menunjang kegiatan beribadah mereka. Selain itu tersedianya fasilitas umum di desa juga akan menunjang kegiatan masyarakat di desa. Penyediaan sarana dan prasarana yang ada di Desa Lergunong ini merupakan upaya pemerintah dalam rangka meningkatkan peran, fungsi serta tatanan kehidupan masyarakat desa. Adapun fasilitas yang tersedia di Desa Lergunong yaitu :

Keagamaan 
Masjid 4 unit 
Musholla Hampir tiap rumah 
Pemakaman 4 lahan pemakaman umum & puluhan lahan pribadi

Pendidikan
TK 4 unit 
SD 2 unit 
Madrasah 4 unit
SMP 2 unit
Pondok Pesantren 3 unit
Kesehatan Poskesdes 1 unit
Kelembagaan Balai Desa 1 unit
Pasar 1 unit

ANGKUTAN, KOMUNIKASI DAN INFORMASI
A. Angkutan 
Jenis angkutan atau transportasi yang sering dipakai oleh masyrakat di Desa Lergunong adalah sepeda motor, mobil, pick up, dan truk. Desa Lergunong jauh dari kota dan jalan raya yang biasa digunakan jalur perlintasan angkutan umum, sehingga di desa ini tidak terdapat angkutan umum.
B. Komunikasi dan Informasi 
Sarana komunikasi dan informasi di Desa Lergunong ini cukup baik. Dilihat dari adanya televisi hampir disetiap rumah memudahkan masyarakat menerima informasi terbaru sehingga tidak ketinggalan berita. Untuk alat komunikasi mayoritas masyarakat di Desa Lergunong ini sudah memakai smartphone baik yang muda sampai yang tua hal tersebut memudahkan mereka dalam berkomunikasi dan mencari informasi. Dengan adanya tower di Desa Lergunong juga meningkatkan kualitas jaringan smarphone.

0 komentar:

Post a Comment