Blog Ini Merupakan Sarana Informasi Desa Lergunong

Wednesday, July 17, 2019

Pembentukan GP2T



Penyampaian proses pembuatan pupuk
Penyuluhan Gerakan Petani Peduli Tanaman (GP2T) merupakan salah satu program kerja yang diadakan oleh peserta KKN 51 UTM bertempatkan di Desa Lergunong Kecamatan Klampis Kabupaten Bangkalan dengan memanfaatkan sisa-sisa sayuran yang sudah tidak layak dan dirubah menjadi pupuk organik. Fungsi dari pupuk organik dapat mengingkatkan produktivitas pertanian, mengurangi pencemaran lingkungan dan meningkatkan kualitas lahan secara berkelanjutan.  

“Pemakaian pupuk organik diharapakan dapat menjadi solusi untuk permasalahan pencemaran tanah dan juga kualitas lahan yang menurun” ucap suci selaku penanggungjawab acara mengenai tujuan pembuatan pupuk organik. Pembentukan GP2T dihadiri oleh kelompok tani beserta karang taruna desa lergunong dengan harapan adanya keberlanjutan dalam pembuatan pupuk organik. Selama acara berlangsung adanya pemaparan materi, prosedur pembuatan dan praktik pembuatan pupuk organik.
Proses pembuatan dengan cara pencampuran sisa sayuran, kompos dan EM4. Selain bermanfaat untuk petani, dalam proses membutuhkan biaya yang terjangkau.

“Kami berharap adanya bantuan EM4 dari pemerintah karena jarak tempuh yang jauh dapat meningkatkan harga barang” Ucap Ketua Kelompok Tani. Antusias warga sangat baik terhadap program kegiatan ini. Diharapkan bisa membantu perekenomian dan kesejahteraan petani Desa Lergunong.


Praktik pembuatan pupuk organik


0 komentar:

Post a Comment