Blog Ini Merupakan Sarana Informasi Desa Lergunong

Wednesday, July 17, 2019

Pelatihan Produk Unggulan : Pembentukkan Corn Creative Community



  Sosialisasi produk unggulan merupakan salah satu program kerja yang diadakan oleh peserta KKN 51 UTM Pada tanggal 16 Juli 2019 bertempatkan di Rumah Pak Supardi selaku Kepala Dusun Bikondang Desa Lergunong Kecamatan Klampis Kabupaten Bangkalan. Sosialisasi bertujuan untuk mengolah produk unggulan desa menjadi produk baru yang memiliki harga jual yang lebih tinggi. Menciptakan produk baru yang memiliki harga jual tinggi berguna membantu meningkatkan perekonomian dan menambah mata pencaharian masyarakat Desa Lergunong.

  Produk unggulan Desa Lergunong salah satunya yaitu jagung. Jagung merupakan bahan baku dari pembuatan produk. Produk yang akan dibuat dengan bahan baku jagung antara lain selai, susu dan permen jagung. Diantara tiga produk tersebut yang pembuatannya paling lama ialah permen. 
Pembuatan permen jagung memakan waktu sampai enam hari bila memanfaat sinar matahari pada proses pengerasan permen. Namun bila ingin hasil yang maksimal, waktu pembuatan jagung dapat dipersingkat dengan memanfaatkan oven untuk mengeraskan adonan agar mirip seperti permen. Pembuatan selai dan susu jagung jauh lebih mudah hanya memerlukan waktu beberpa jam saja. Adapun produk unggulan dari kelompok KKN 51 adalah permen jagung, susu jagung dan selai jagung. 
Cara pembuatan produk unggulan berbahan dasar jagung ini adalah sebagai berikut:
1.         Permen Jagung

· Siapkan 2 jagung muda atau 500 ml sari jagung.
· Tambahkan 2 sachet agar-agar, 500 gram gula pasir dan sejumput garam kemudian rebus.
· Jika sudah mendidih angkat dan tuangkan pada loyang, diamkan hingga padat
· Kemudian potong sesuai dengan ukuran permen yang diinginkan atau buat cetakan yang menarik
· Lalu jemur hingga benar-benar kering (2 sampai 5 hari)
· Setelah kering permen sudah siap disajikan atau dikemas. Usahakan kemasan yang digunakan adalah kemasan yang tertutup.

Video Pembuatan Permen Jagung 
2.         Susu Jagung
· Siapkan 2 buah jagung muda kemudian cuci hingga bersih.


· Rebus jagung hingga lebih lunak kemudian dinginkan untuk memudahkan proses penghalusan.
· Pisahkan biji jagung kemudian tambahkan biji jagung dengan 1 liter air.

· Kemudian saring dan ambil sari jagungnya sedangkan ampasnya bisa dimanfaatkan untuk membuat selai.

·  Rebus sari jagung dengan ditambahkan gula pasir 3 sampai 6 sendok, garam sejumput, dan daun pandan secukupnya.


· Setelah mendidih susu jagung didinginkan terlebih dahulu dan kemudian bisa dikemas.
· Simpan susu jagung di tempat yang bersuhu dingin agar lebih Tohan lama dikarenakan susu jagung ini murni tanpa bahan pengawet.

Video Pembuatan Susu Jagung


3.         Selai Jagung
  Ampas jagung sisa dari pembuatan susu jagung atau permen jagung masih dapat diolah menjadi selai jagung. Adapun cara pembuatannya yaitu ampas jagung dimasak dan ditambahkan gula pasir sesuai selera. Campuran ampas jagung dan gula pasir diaduk sampai mengental dan jadilah selai jagung.

Produk susu, permen dan selai jagung

“Harapan saya masyarakat Desa Lergunong dapat melanjutkan pembuatan produk dan dapat mendistribuksikannya” Ucap Mohammad Amirul Muzakki selaku penanggungjawab.
Pada pembuatan produk ini, masyarakat juga dibolehkan untuk mencicipi hasil olahan jagung tersebut. Masyarakat memberikan respon positif pada citra rasa dari masing-masing produk. “Saya sangat berterimakasih dengan adanya sosialisasi karena sangat bermanfaat bagi masyarakat sini. Insyaallah setelah ini akan diadakan rapat untuk memilih orang yang mampu memproduksi produk ini. Mohon bantuannya juga dari teman-teman KKN untuk mendampingi” Ucap Bunali, salah satu warga Dusun Bikondang Desa Lergunong Kecamatan Klampis Bangkalan.



0 komentar:

Post a Comment